PAKAIAN
PANGULU
Pakaian Panghulu
Ada banyak penjelasan tentang bentuk dan makna pakaian Pangulu dalam
pepatah dan kato adat Minangkabau. Di antaranya:
Falsafah pakaian rang pangulu
Di dalam luhak tanah minang
Jikok ambalau maratak hulu
Puntiang tangga mati tabuang
Kalau kulik manganduang aia
Lapuak nan sampai kapanguba
Binaso tareh nan di dalam
Jikok pangulu bapaham caia
Jadi sampik alan nan leba
Lahia batin dunia tanggalam
Di dalam pantun
dagang juga diungkapkan:
Pakanbaru ka
lipek kain
Taratak buluah urang sabuikkan
Tumbuahlah pandan nan baduri
Pakaian pangulu lahia jo batin
Tibo di adat jadi kabasaran
Panumbuah sifat tauladan diri
Pakaian secara umum
berfungsi sebagai:
§ Penutup atau
pelindung badan
§ Penanda
Identitas diri
§ Pembeda
jenis kelamin
§ Pembeda
posisi sosial
§ Sebagai
tanda kebesaran
§ Sebagai
perhiasan
Secara adat, pakaian bagi orang Minangkabau selain sesuai dengan fungsi
yang sudah umum di atas dibagi kepada 3 fungsi khusus, yaitu:
- Panyaok
tubuah. Ukuran kepantasannya disesuaikan dengan tuntunan syara. (agama Islam)
oleh sebab itu, syarat pakaian sebagai penutup tubuh mestilah sesuai dengan
ketentuan agama tentang aurat.
- Simbol sifat
dan prilaku. Pakaian orang Minangkabau selalu mempunyai arti simbolis karena
sifat dan prilaku orang yang memakainya akan terlihat dari cara ia berpakaian.
Oleh sebab itu, orang Minangkabau meletakkan sifat dan prilaku tanda kebesaran seseorang
pada bentuk dan pola baju yang ia kenakan
- Tanda
Perhiasan Orang Minangkabau tidak mengabaikan perkembangan mode. Pakaian juga
menunjukkan perhiasan agar terlihat menarik dan menunjukkan tingkat kemakmuran
yang didapatkan oleh anggota kaumnya.
Konsep Pakaian Pangulu
Pakaian pangulu menunjukkan tanda kebesaran serta sekaligus menunjukkan
sifat dan prilaku ideal bagi pangulu. Pakaian yang dipakai oleh penghulu di
Minangkabau mengandung falsafah adat, terutama pakaian yang pakai pada upacara
adat kebesaran Minangkabau. Sebagai pakaian adat, pakaian penghulu dikungkung
oleh norma-norma adat, baik dari segi reka bentuk maupun cara pemakaiannya.
Karenanya dalam pemakaiannya, hanya boleh dipakai oleh penghulu dalam upacara
adat. Dalam pepatah dikatakan:
Nan rajo tagak babarih,
nan penghulu tagak diundang,
bukan mudah basisik karih,
kapalang tangguang pusako hilang
Jenis Pakaian
Pangulu
Pakaian Pangulu di
Nagari Pakan Rabaa Timur dibagi kepada 3 jenis:
1.
Pakaian Kabasaran
Pakaian kabasaran juga disebut
dengan Pakaian Langkok. merupakan pakaian pertama yang digunakan pada
upacara adat yang terdiri dari:
· Saluak
· Baju gadang
· Sarawa lapang
· Sisampiang
· Cawek
· Salempang
· Karih
· Tarompa
· Tungkek
Pada acara adat ini, pangulu juga membawa karih (keris) sebagai lambang
kekuatan dan alur adat, syara’ dan undang yang berlaku di Minangkabau secara
umum dan nagari Pakan Rabaa Timur
2.
Pakaian Alek Nagari
Pakaian Penghulu yang dipakai pada alek nagari biasa terdiri dari:
•
Kupiah balilik
•
Baju gadang
•
Sarawa lapang
•
Pangulu juga bisa menggunakan baju guntiang cino
dipadukan dengan celana pentalon, atau baju kemeja putih yang dipadukan dengan
celana pentalon dan stelan jas
•
Sisampiang
•
Cawek (ikat pinggang)
•
Tongkat
Pakaian jenis kedua ini dipakai pada acara atau alek biasa seperti acara
baralek perkawinan, acara kematian dan acara-acara yang melibatkan pangulu dari
berbagai suku di tingkat nagari
3.
Pakaian Harian
Pakain harian Pangulu terdiri dari:
•
Kupiah balilik atau kupiah BK
•
Baju guntiang cino atau kemeja dipadukan dengan sarawa lapang atau pentalon
•
Sisampiang (menyesuaikan)
•
Cawek (menyesuaikan)
•
Tongkat (menyesuaikan)
Yang dimaksudkan dengan pakaian harian adalah pakaian yang dipakai pada
acara-acara harian di tingkat kaumnya. Sedangkan pakaian harian yang digunakan
sebagai penutup tubuh sehari-hari dapat menyesuaikan dengan pakaian orang
biasa. Namun untuk pembeda dan tanda kebesaran antara pangulu dan anak
kamanakannya, pangulu semestinya memakai kupiah balilik.
Makna Pakaian Penghulu
1.
Tutup Kepala
Tutup Kepala Pangulu dibagi kepada 2, yaitu, Saluk batimba dan
Kupiah Balilik/Kupiah BK hitam.
a.
Saluak Batimba
Bentuk Saluak Batimba, penjelasannya adalah sebagai berikut:
Basaluak batiak batimba, leba tak dapek dibilai,
salilik
salingkaran kaniang, ikek santuang di kapalo,
tiok katuak
baundang-undang, tiok karuik aka manjala,
bajanjang naiak batangga turun
Berdasarkan dua ungkapan adat di
atas, bentuk penutup kepala pangulu tidak hanya bentuk yang tak bermakna, namun
mengandung falsafah adat yang tinggi. Maknanya adalah:
· Kato dan
pituahnyo didanga, parentahnyo dituruti
· Pangulu
mesti memiliki wawasan dan pengetahuan luas
· Lingkaran
kaniang menunjukkan kekuasaannya dalam adat dan kepimpinan penghulu dalam
nagari juga tidak dapat dicampuri oleh kaum atau nagari lain, sebab setiap kaum
atau nagari memiliki otonomi sendiri-sendiri
· Pengulu tak
dapat dipengaruhi oleh sesuatu yang tak ada dalam aturan syara’ adat dan undang
b.
Kupiah Balilik
Kupiah balilik/balipik mengambil bentuk dasar dari kupiah beka atau peci
nasional. Sebagai tanda pembeda antara kopiah biasa yang dapat digunakan oleh
siapapun laki-laki Minangkabau, maka kupiah datuak/ pangulu diberi lilitan yang
memiliki kerut. Kerutan pada lilitan menandakan posisi penggunanya sebagai
pangulu. Oleh sebab itu, kupiah balilik tidak dapat dipakai oleh sembarang
orang yang tak bergelar datuak.
2.
Baja Gadang
Baju Gadang adalah baju yang dipakai oleh penghulu dalam upacara adat. Reka
bentuk baju ini seperti baju kurung tetapi agak longgar dan pendek. tidak
berkantong, tidak berkrah leher dan tidak berkancing berbuah baju pada ujung
lengan.
Baju Pangulu berwarna hitam. Makna warna ini disebutkan dalam pepatah adat:
Tanah kudaraik di nan hitam,
paham hakikat tahan tapo,
Manahan sudi jo siasaik.
Kuma bapantang kalihatan,
budi indak tajua,
kok paham indak tagadai,
bapantang kuniang karano kunik,
indak lamak karano santan
Dari pepatah di atas dapat disimpulkan bahwa seorang penghulu haruslah
orang yang teguh pendirian, tidak mudah dipengaruhi dan berani menanggung
segala resiko dalam hidup dan kehidupannya dan menjaga dirinya terhadap segala
yang akan menghancurkan martabatnya.
Baju Gadang dapat berbahan dasar beludru (baju gadang biludu lakan)atau
berbahan dasar sutra (baju suto guntiang cino) Bentuk dan makna baju ini
tergambar dalam pepatah adat:
Baju hitam gadang langan
Langan tasenseng tak pambangih
Bukan karano dek pamberang
Pangipeh naknyo dingin
Pahampeh miang di kampuang
Pangikih sifat nan buruak
Siba batanti timba baliak
Mangilek mangalimantang
Tutuik jahik pangka langan
Mambayangkan mauleh indak mambuku
Mambuhua indak mangasan
Lauik di tampuah indak barombak
Padang di tampuah indak barangin
Budi haluih bak lauik dalam
Sifat bapantang kahujuakan
Indak basaku kiri kanan
alamatnyo nan bak kian
indak mangguntiang dalam lipatan
indak manuhuak kawan sairiang
indak maambiak untuang di ateh
sangketo
lihia nan lapeh tak bakatuak,
babalah dado
manandokan pangulu alamnyo leba
mamakai sifat lapang hati
babumi laweh
bapadang lapang
gunuang tak runtuah karano kabuik
lauik tak karuah karano ikan
tagangnyo bajelo – jelo
kanduangnyo badantiang – dantiang
3.
Sarawa Lapang
Sarawa lapang adalah pakaian kebesaran pangulu yang berbahan cindai, beludru
atau kapas (katun). Dalam pepatah tentang sarawa lapang diuraikan sebagai
berikut:
Sarawa cindai bapucuak rabuang,
guntiang banamo guntiang aceh,
sarawa hitam baguntiang ampek,
kaki gadang baukuran,
galombang tapak itiak
Sarawa lapang merupakan lambang
kejujuran, makna dari rekaan sarawa lapang
adalah sebagai pimpinan adat penghulu haruslah jujur dalam menjalankan
kepimpinannya, seperti yang diuraikan dalam pepatah:
Basarawa hitam gadang kaki,
kapanuruik alua nan luruih,
kapanampuah jalan nan pasa,
ka dalam korong jo kampuang,
sarato koto jo nagari,
langkah salasai baukuran,
martabat nan anam mambatasi,
murah jo maha di tampaiknyo,
baiyo mako bakato,
batolan mako bajalan
4.
Sisampiang
Sebagai kelengkapan pakaian pangulu, juga digunakan kain yang dikenal
dengan sisampiang. Sisampiang atau kain sampiang adalah kain yang di lilitkan dari pinggang ke
bagian atas lutut. Bentuk dan cara penggunaannya tergambar dalam pepatah adat:
Saruang sabidang di ateh lutuik,
kayo dan miskin alamaiknyo,
ado batampaik kaduonyo,
luruih dalam tak buliah senteng,
patuik senteng tak buliah dalam,
karajo hati kasadonyo,
mungkin jo patuik baukuran
Sisampiang
dalam adat berpakaian orang Minangkabau melambangkan ketetapan dan kepastian.
Maksudnya apa yang sudah menjadi norma adat, tidak boleh ditambah atau
dikurang, karena ketentuan tersebut dibuat berdasarkan hukum adat untuk
keperluan masyarakat.
5.
Cawek
Cawek atau ikat pinggang berbahan kain sutra yang dikenakan untuk
menguatkan ikan celana sarawa yang longgar.
Bentuk, cara dan fungsi cawek disampaikan dalam ungkapan adat sebagai
berikut:
Cawek suto bajumbai alai
Saheto pucuak rabuangnyo
Saheto pulo jumbai alainyo
Jumbai nan tangah tigo tampek
Kapaniiliak anak kamanakan
Kalau tapancia di kampuangkan
Kalau tacicia inyo japuik
Ka panjarek aka budinyo
Kabek sabalik buhua sintak
Kokoh tak dapek kito ungkai
Guyahnyo bapantangan tangga
Lungga bak caro dukuah di lihia
Babukak makonyo tangga
Jo rundiang mako nyo ta ungkai
Kato mufakat paungkainyo
Kain suto (sutra) pada cawek melambangkan bahwa seorang penghulu harus
cakap dan lembut dalam memimpin serta sanggup mengikat jalinan persaudaraan
antar masyarakat yang dipimpinnya. Cawek atau ikat pinggang juga melambangkan
kekukuhan ikatan atau pegangan dalam menyatukan anak kemenakan, warga pasukuan,
baik yang jauh maupun yang dekat.
6.
Kain Salempang
Pakain kebesaran penghulu dilengkapi dengan kain sandang atau salempang dan
ada yang menyebutnya kain kaciak. Sandang adalah bahasa Minangkabau yang
bererti meletakan sesuatu di bahu. Kain sandang ialah kain yang disangkutkan
atau disandang di bahu dan ujung-ujung sandang dijatuhkan ke sisi hadapan atau
belakang. Pemakaian sandang juga ada yang diselempangkan, yaitu dari bahu
ujungnya dijatuhkan pada sisi badan yang berlainan arah pada pinggang (dari
bahu kiri ke pinggang kanan atau sebaliknya dari bahu kanan ke pinggang
bahagian kiri). Kain sandang adalah lambang ketetapan hukum, sebagaimana
diungkapkan dalam pepatah;
Di bahu manyandang kain kaciak,
kain cindai ampek sagi,
pahapuih paluah dikaniang,
pambungkuih nan tingga bajapuik,
pangampuang nan tingga babinjek,
kato dahulu kato batapati,
kato kamudian kato bacari,
indak buliah indak manuruik adaik
Pemakaian sandang tanah liat ini adakalanya dilengkapi dengan hiasan rekaan
gantungan kunci yang jumlahnya delapan buah, melambangkan penghulu adalah
menejer dari kaumnya, dalam pepatah dikatakan;
Di rantai kunci tagantuang
banyaknyo salapan buah,
kalau ditinjau alamatnyo, kok
tibo dimaso kayo, pambukak peti kabaragiah,
kok tibo dimaso bansaik, pangunci
puro basiceke,
kalaulah tibo maso murah,
pambukak peti ka baragiah pambukak peti kain, panuruik alua nan luruih,
panampuah jalan nan pasa, kalau pusako kabajuntai, pambukak peti bunian. Baiak
tagantuang nan tatagak, atau cupak nan baisi, panyingkokkan simpanan adaik,
panyimpan kato kabulatan, nak kokoh barih jo balabeh
7.
Karih (Keris)
Keris dari segi bentuk adalah sejenis senjata yang banyak dipakai oleh
masyarakat Melayu, termasuk masyarakat Minangkabau. Bagi masyarakat Minangkabau
keris adalah bahagian dari pakaian penghulu yang hanya berfungsi sebagai
lambang. Keris merupakan lambang kebesaran dan kekuasaan penghulu dan hanya
penghulu yang boleh makai keris dalam upacara-upacara adat. Tidak sembarang
orang boleh memakai keris, seperti kata pepatah;
Nan rajo tagak babarih,
nan penghulu tagak diundang,
bukan mudah basisik karih,
kapalang tangguang pusako hilang
Cara memakai karih dalam pepatah adalah;
Sanjatonyo karieh kebesaran
sampiang jo cawek nan tampaiknya
sisiknyo nan tanam tabu,
lataknyo condong ka kida
dikesong mako dicabuik
Keris yang dipakai pangulu, hulunya tidak diambalau (dipatri), apa bila
keris ditusukan pada sesuatu benda maka bilah keris akan tecabut dari hulunya
setelah ditarik, seperti terurai dalam pepatah;
Gembonyo tumpuan puntiang,
tunangan ulu kayu kamat,
kokoh tak tarago dek ambalau,
guyahnyo bapantang tangga,
bengkok nan tigo patah,
tapi luruih Manahan tiliak,
bantuak dimakan siku-siku,
luruih dimakan lapeh banang.
Kok bungka ganak Manahan asah,
hukum adia manahan bandiang,
kalau bana manahan liek
Keris juga dimaknai sebagai tuah dari seorang pangulu. Dalam pepatah
diuraikan;
Bamato baliak batimba, sanyao
pulo jo gemboknyo. Pantang balampeh ka asahan, tajam tak rago dek bakabuik,
haluih tak rago dek balilieh, mamutuih rambuik dihambuihkan, tapi tajam nan
pantang malukoi. Ipuahnyo turun di langik. Bisonyo pantang katawaran, jajak
ditikam mati juo. Kapalawan dayo rang aluih, panulak musuah di badan
8.
Tungkek (tongkat)
Tongkat pangulu adalah kayu lurus dan kuat, berkepala perak. Melambangkan
bahwasanya pangulu mampu menopang dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal
itu juga menunjukan bahwa pangulu akan menopang adat, pusako dan anak
kemenakannya. Fungsi tungkek dijelaskan dalam kato adat:
Pamenannyo tungkek kayu kamat
ujuang tanduak kapalo perak
panungkek adat jo pusako
barieh tatagak nak jan condong
Tungkek juga dapat diartikan sebagai pakaian orang tua. Dalam adat
Minangkabau, pangulu adalah orang tuo dalam adat.
9.
Tarompa
Sebagai alas kaki, penghulu memakai sandal yang dinamakan sandal capa.
Sandal ini dipakai pada upacara-upacara adat, seperti upacara batagak penghulu
dan musyawarah-musyawarah. Demikian juga bila berkunjung ke rumah anak
kemanakannya, penghulu memakai sandal capa atau sandal lainnya. Untuk
menandakan kehadiran seorang pangulu di rumah gadang dapat dilihat dari
keberadaan tarompanya di halaman atau di janjang pintu masuk.
#Bahan Ajar
No comments:
Post a Comment