06 May 2019

Wilayah Alam Minangkabau


Luhak dan Rantau
Muhammad Nasir

Alam Minangkabau dipahami dengan dua perspektif. Perspektif pertama dalam pengertian filofofis. Alam dalam pengertian ini berarti ide, gagasan, ajaran, norma. Alam dalam makna filosofis ini pada kahirnya menjadi dasar pengetahuan penyusunan adat Minangkabau.

Sumber Foto: kaskus.com
Perspektif kedua, alam Minangkabau mengandung makna wilayah geografis. Menurut tambo, wilayah Minangkabau disebutkan saedaran gunuang Marapi, salareh batang Bangkaweh, sajak Sikilang Aie Bangih, lalu ka gunuang Mahalintang, sampai ka Rokan Pandalian, sajak di Pintu Rayo Hilie, sampai Si Alang Balantak Basi, sajak Durian Ditakuak Rajo, lalu ka Taratak Aie Hitam, sampai ka Ombak Nan Badabua.

Mengenai batas-batas yang disebutkan di atas, berbagai penafsiran terjadi. Ada yang mengatakan bahwa batas-batas itu adalah simbol-simbol saja tetapi wilayah itu tidak ada yang jelas dan tepat, tetapi ada juga yang berpendapat bahwa batas-batas itu adalah benar dan nagari-nagari yang disebutkan itu ada sampai sekarang. Dalam hal ini tentu kita tidak perlu melihat perbedaan-perbedaan pendapat tersebut, karena kedua-dua pendapat itu ada benarnya.

Namun deskripsi dan pembagian wilayah alam Minangkabau yang lebih mudah dipahami dan sesuai dengan Tambo adalah pembagian atas dua wilayah sesuai dengan kategori daerah asal (inti) dan daerah pengembangan. Wilayah pertama disebut dengan Luhak. Wilayah kedua disebut dengan Rantau.

Luhak dan Rantau

Luhak secara common sense dipahami oleh orang Minangkabau secara berbeda-beda. Di antara arti Luhak adalah “kurang”. Misalnya, Luhak Tanahdatar berarti kurang datar. Arti kata luhak ini dapat dipahami sebagai penjelasan atas kondisi alam geografis Tanahdatar yang berbukit, berlelmbah serta dialiri sungai-sungai dangkal.

 Ada juga yang memahami kata luhak dalam arti sumur. Sumur dalam masyarakat Minangkabau memiliki arti penting. Dalam arti ini, luhak dapat dipahami sebagai kecendrungan manusia membentuk pemukiman yang mendekat kea rah mata air (sumur). Semaksud dengan sumur antara lain, mendekat ke sungai atau sumber-sumber air lainnya.

Namun, penjelasan asal kata dan arti kata luhak tersebut belum ditemukan arti pastinya. Yang jelas, kesepakatan yang diperoleh, bahwa Luhak secara geografis adalah daerah pemukiman awal masyarakat Minangkabau. Secara politik Luhak adalah wilayah konfederasi dari beberapa nagari di Minangkabau yang terletak di pedalaman Sumatra Barat. Luhak juga dapat disebut sebagai wilayah awal perkembangan peradaban adat dan kebudayaan Minangkabau.  

Luhak juga dikenal dengan istilah Darek (bahasa Indonesia: darat) untuk membedakannya dengan wilayah rantau Minangkabau, baik Rantau Pasisie di sepanjang pantai barat Sumatra maupun Rantau Hilia di wilayah Riau dan bagian barat Jambi. Luhak sesuai tambo dibagi kepada tiga wilayah yang dikenal dengan Luhak Nan Tigo (Luhak yang Tiga). Luhak tersebut adalah Luhak Tanah Datar, Luhak Agam, dan Luhak Limo Puluah Koto

Rantau adalah daerah tempat orang Minang mencari penghidupan sambil bermukim buat sementara. Di daerah rantau orang Minang berusaha mendapatkan penghasilan dari bermacam-macam usaha. Apabila sudah cukup terkumpul maka mereka akan kembali untuk modal dan membangun kampung halaman

Daerah rantau pertama orang Minangkabau adalah daerah sepanjang sungai yang berhulu ke Bukit Barisan dalam daerah Luhak Nan Tigo dan bermuara ke Selat Malaka (Laut Cina Selatan). Sungai-sungai itu adalah Batang Sinamar dan Batang Lampasi di Luhak Limo Puluah Koto, Batang Agam, Batang Antokan dan Batang Palupuah di Luhak Agam serta Batang Anai, Batang Selo dan Batang Umbilin di Luhak Tanah Data, yang kesemuanya itu membentuk Sungai Rokan dan Sungai Kampar. Sifat khas dari orang Minang yang suka pergi merantau ke berbagai daerah lain, meninggalkan kampung untuk memperluas cakrawala atau pandangan untuk mengenal daerah di luar Minangkabau, tercermin dalam pepatah orang Minang dibawah ini: Karantau madang dihulu Babuah babungo balun Marantau bujang dahulu Di rumah paguno balun

Luhak Nan Tigo: Batas Wilayah dan Rantaunya

1. Luhak Tanah Data
Luhak Tanah Data, disebut dengan Luhak Nan Tuo (Luhak yang tertua). Orang Minangkabau meyakini bahwa asal usul mereka berasal dari gunuang Marapi. Di kaki merapi inilah terletak Luhak Tanah Data. Menurut Tambo Minangkabau Pariangan di Luhak Tanah Data  merupakan nagari tertua di ranah Minang. Nagari ini terletak di lereng Gunung Marapi pada ketinggian 500-700 meter di atas permukaan laut.

Dalam pantun adat disebutkan tentang asal usul sebagai penguat makna luhak sebagai daerah asal (hunian awal dan tertua). Dari ma titiak palito dibaliak telong nan batali dari mano asa niniek kito dari puncak gunuang marapi (dari mana cahaya pelita, dari telong [obor] yang bertali. Dari mana asal nenek moyang kita, dari puncak gunung merapi).

Kawasan Luhak Tanah Datar merupakan kawasan utama dalam tradisi masyarakat Minangkabau. Sejak abad ke-13, Luhak Tanah Data menjadi tempat kedudukan Yang Dipertuan Pagaruyung atau Raja Alam Minangkabau. Kerajaan pertama di Minangkabau pun juga terdapat Luhak ini, bernama Kerajaan Pasumayan Koto Batu. Dari Luhak Tanah Datar inilah kemudian orang Minangkabau berkembang dan berpindah ke daerah lain seperti Luhak Limo Puluah dan Luhak Agam. Secara Adat, masyarakat Luhak Tanah Data umumnya menganut kelarasan Koto Piliang, kelarasan atau aturan yang digagas oleh Datuk Katumanggungan. Sedangkan Kelarasan Bodi Caniago yang digagas Datuak Parpatiah nan Sabatang memiliki basis pengikut di Limo Kaum

Deskripsi simbolik terhadap kondisi geograafis dan karakter penduduk luhak Tanah Data dapat dibaca melalui ungkapan berikut "Buminyo lembang, aianyo tawa, ikannyo banyak". Warna bendera kebesaran Luhak Tanah Data adalah Kuning.

Wilayah Luhak Tanah Data meliputi daerah di sekitar kaki gunung Marapi bagian selatan sampai ke kaki gunung Sago bagian timur. Nagari-nagari yang termasuk ke dalam wilayah Luhak Tanah Datar ini adalah:
  1. Tampuak Tangkai Pariangan Salapan Koto : Pariangan, Padang Panjang, Guguak, Sikaladi,  Koto Tuo, Tanjuang Limau, Sialahan, Batu Basa.
  2. Tujuah Langgam di Hilia : Turawan, Padang Lua, Galogandang, Sawah Kareh, Kinawai, Balimbiang, Bukik Tamusu.
  3. Limo Kaum Duo Baleh Koto : Dusun Tuo, Balah Labuah, Balai Batu, Kubu Rajo, Piliang, Ngungun, Panti, Silabuak Ampalu, ; Parambahan, Cubadak, Supanjang, Pabalutan, Sawah Jauah, Rambatan, Tabek Sawah Tangah.
  4. Sambilan Koto di Dalam : Tabek Boto, Salagondo, Baringin, Koto, Baranjak, Lantai Batu, Bukik Gombak, Sungai Ameh, Ambacang Baririk, Rajo Dani.
  5. Tanjuang Nan Tigo, Lubuak Nan Tigo : Tanjuang Alam, Tanjuang Sungayang, Tanjuang Barulak, Lubuak Sikarah, Lubuak Simauang, Lubuak Sipurai.
  6. Sungai Tarab Tujuah Batu : Limo Batu, Tigo Batu, Ikua Kapalo Kapak, Randai Gombak Katitiran, Koto Tuo Pasia Laweh, Koto Baru, Rao-Rao, Salo Patir Sumaniak, Supayang, Situmbuak, Gurun Ampalu, Sijangek Koto Badampiang.
  7. Langgam Nan Tujuah : Labutan, Sungai Jambu, Batipuah Nagari Gadang, Tanjuang Balik Sulik Aia, Singkarak, Saniang Baka, Silungkang, Padang Sibusuak, Sumaniak, Suraso.
  8. Batipuah Sapuluah Koto : Batipuah, Koto Baru Aia Angek, Koto Laweh Pandai Sikek, Panyalaian, Bukik Suruangan, Gunuang, Paninjauan, Jaho Tambangan, Pitalah Bungo Tanjuang, Sumpu Malalo, Singgalang.
  9. Lintau Buo Sambilan Koto : Batu Bulek, Balai Tangah, Tanjuang Bonai, Tapi Selo Lubuak Jantan, Buo, Pangian, Taluak Tigo Jangko.
Rantau Tanah Data
Rantau Nan Kurang Aso Duo Puluah (Kurang satu dari 20)

Lubuak Ambacang, Lubuak Jambi, Gunuang Koto, Benai, Pangian, Basra, Sitinjua, Kopa, Taluak Ingin, Inuman, Surantiah, Taluak Rayo, Simpang Kulayang, Aia Molek, Pasia Ringgit, Kuantan, Talang Mamak, Kualo Thok, Rantau Alam Surambi Sungai Pagu, Rantau Duo Baleh Koto, Rantau Pasisia Panjang, Padang, Pasisia Salatan/Banda Sapuluah, Muko muko, Kerinci

Ujuang Darek Kapalo Rantau
(perbatasan Luhak dan Rantau)
  • Anduriang Kayu Tanam
  • Guguak Kapalo Hilalang
  • Sicincin
  • Toboh Pakandangan
  • Duo Kali Sabaleh Anam Lingkuang
  • Tujuah Koto
  • Sungai Sariak.
2. Luhak Agam
Luhak Agam; disebut dengan Luhak Nan Tangah (Luhak yang Tengah). Agam dapat diartikan dengan danau atau kolam atau rawa-rawa serta juga dapat serumpun dengan kata agamon yang berarti alang-alang. Selain itu juga dapat dipahami sebagai mansiang tumbuhan rawa endemic di Luhak Agam.

Menurut Tambo, awal mula didirikannya Luhak Agam ialah perpindahan penduduk dari nagari Pariangan yang berlangsung selama empat periode.
  1. Periode pertama, melahirkan empat buah nagari, yakni Biaro, Balai Gurah, Lambah dan Panampuang.
  2. Periode kedua, melahirkan tiga buah nagari, yakni Canduang Koto Laweh, Kurai dan Banuhampu.
  3. Periode ketiga, melahirkan 4 buah nagari, yakni Sianok, Koto Gadang, Guguak dan Guguak Tabek Sarojo.
  4. Periode keempat, melahirkan lima buah nagari, yakni Sariak, Sungai Puar, Batagak dan Batu Palano.
Kemudian lahir pula nagari-nagari lainnya seperti Kapau, Gadut, Salo, Koto Baru, Magek, Tilatang Kamang, Tabek Panjang, Pincuran Puti, Koto Tinggi, Simarasok dan Padang Tarok.

Ungkapan yang menunjkkan karakter geografis dan masyarakat Luhak Agam: "Buminyo angek, aianyo karuah, ikannyo lia". Warna bendera: Sirah (merah)

Rantau Luhak Agam
Rantau Tiku Pariaman/Piaman Laweh

Tiku, Gasan, Aua Malintang, Malai Sungai Garinggiang, Sungai Limau, Limo Koto (Padang Alai, Kudu Gantiang, Limau Puruik, Sikucua, dan Cimpago), Tujuah Koto (Tandikek, Sungai Durian, Batu Kalang, Koto Dalam, Koto Baru, Sungai Sariak, dan Ampalu), Pariaman, Nan Sabarih,Ulakan, Anduriang Kayu Tanam, Guguak Kapalo Hilalang, Duo Kali Sabaleh Anam Lingkuang Sicincin, Pakandangan, Parik Malintang, Sintuak Lubuak Aluang, Kasang, Katapiang, Rantau Pasaman

Ujuang Darek Kapalo Rantau 
(perbatasan Luhak dan Rantau)

Palembayan, Silareh Aia, , Lubuak Basuang, Kampuang Pinang, Simpang Ampek, Sungai Garinggiang, Lambah Bawan, Tigo Koto, Garagahan, Manggopoh

3. Luhak Limopuluah Koto
Luhak Limopuluah Koto, disebut dengan Luhak Nan Bungsu. Sesuai dengan namanya, Luhak Limopuluoh Koto merupakan salah satu kawasan konfederasi termuda dari beberapa nagari dalam budaya Alam Minangkabau. Dalam tambo Alam Minangkabau, Luak Limo Puluah Koto merupakan daerah paling terakhir yang menjadi daerah inti di Minangkabau, oleh karena itu dikenal dengan Luak Nan Bungsu.

Meskipun menururt Tambo Alam Minangkabau Lahuka ini merupakan Luhak termuda, namun daerah ini pernah mengalami kehidupan masa pra-sejarah. Hal ini dapat dilihat dari peninggalan-peninggalan Megalithikum Minangkabau yang ditemukan di Luhak Limo Puluah Koto.  Di antaranya yang masih dapat disaksikan sekarang ini adalah kawasan situs purbakala berupa ratusan menhir berbagai ukuran di daerah Maek, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Ungkapan yang melambangkan karakter geografis dan masyarakat Luhak Limopuluah: "Buminyo lembang, aianyo tawa, ikanyo banyak". Warna bendera: Hitam.

Menurut Tambo, nagari-nagari yang ada di luhak Limopuluah terdiri dari lima bagian, yakni:
  1. Sandi: dari Bukik Sikabau Hilia sampai ke Muaro Mudiak, dari Nasi Randam sampai ke Padang Samuik. Nagarinya adalah Koto nan Gadang dan Koto nan Ampek.
  2. Luhak: dari Mungo Mudiak sampai ke Limbukan, Mungo, Koto Kaciak, Andaleh, Tanjuang Kubu, Banda Tunggang, Sungai Kamuyang, Aua Kuniang, Tanjuang Patai, Gadih Angik, Padang Karambia, Limau Kapeh, dan Aia Tabik Nan Limo Suku.
  3. Lareh: dari Bukik Cubadak sampai Padang Balimbiang, nagarinya adalah Ampalu, Halaban, Labuah Gunuang, Tanjuang Gadang.
  4. Ranah: dari Gantiang, Koto Laweh, Suliki, Sungai Rimbang, Tiakar, Balai Mansiro, Talago, Balai Kubang, Taeh, Simalanggang, Piobang, Sungai Baringin, Gurun, Luhak Batingkok, Torantang, Sari Lamak, Padang Laweh.
  5. Hulu: dari Padang Laweh, Sungai Patai, Suliki, Gunuang Sago, Labuah Gunuang, Balai Koto Tinggi
Rantau Luhak Limopuluah Koto
Mangilang, Tanjuang Balik, Pangkalan, Koto Alam, Gunuang Malintang, Muaro Paiti, Rantau, Barangin, Rokan (Rokan Ampek Koto, Kunto, Tambusai, Kapanuhan, dan Rambah), Gunuang Sailan, Kuntu, Lipek Kain, Ludai, Ujuang Bukik, Sanggan, Tigo Baleh Koto Kampar, Sibiruang, Gunuang Malelo, Tabiang, Tanjuang, Gunuang Bungsu, Muaro Takuih, Pangkai, Binamang, Tanjuang Abai, Pulau Gadang, Baluang Koto Sitangkai, Tigo Baleh, Lubuak Aguang, Limo Koto Kampar (Kuok, Bangkinang, Salo, Rumbio, dan Aia Tirih), Taratak Buluah, Pangkalan Indawang, Pangkalan Kapeh, Pangkalan Sarai, Koto Laweh,

Ujuang Darek Kapalo Rantau
(perbatasan Luhak dan Rantau)
  1. Kapua Sambilan
  2. Pangkalan Koto Baru



No comments: