28 March 2018

DENGAN JIWA SEHAT,ORANG BISA BERPRESTASI



DENGAN JIWA SEHAT,ORANG BISA BERPRESTASI

Katik segera mempersilakan penulis duduk. Ia pun ambil posisi layaknya orang yang akan diwawancarai.

“Kesehatan itu perlu untuk hidup. Masyarakat Sungai Rambai hidup dari berkuli hari. Tentu saja membutuhkan energi yang prima. Tidak mungkin memaksakan diri untuk bekerja keras sementara kesehatan tidak terjaga”. Katik pun bertutur setelah penulis menayainya beberapa pertanyaan.

Siapakah sebenarnya Katik ?.
Katik atau aslinya Khatib adalah gelar adat dari Pasukuan Melayu yang disandangnya semenjak tahun 1996 yang lalu. Sebenarnya nama asli dari bujangan kelahiran Desember 1976 ini adalah Indra Budiman. Itulah sebabnya ia akrab dipanggil “Katik” sesuai dengan kebiasaan orang Minangkabau melafalkan kata Khatib. Dan ia berhak mendapatkan gelar ini karena ia memang  seorang yang fasih berbicara dan iapun sudah menamatkan pendidikannya di MTI Koto Panjang Lampasi 5 tahun yang silam.


Bagi Katik tidak ada istilah menganggur. Beberapa pelatihan diikutinya, seperti di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Lubuk Aluang bagian kelistrikan (98), Perkemahan dan pelatihan Pramuka Penegak dan Pandega di Lubuk Selasih (2000). Dan  IN, panggilan lainnya juga pernah bekerja di bengkel kulkas di Padang.

Namun ia berpendapat bahwa bekerja mandiri itu lebih enak dan bisa meraih kepuasan dari pengalaman yang didapati sendiri. Itulah sebabnya ia mau berusaha dan mencoba bertani dengan belajar sendiri. Meskipun demikian ia juga tidak segan bertanya dan belajar mengenai pertanian kepada ahlinya. Lengkapnya ia punya kemauan yang kuat, yang jarang dipunyai orang muda seusianya.

Barangkali, katik layak mendapat gelar salah seorang aktivis masyarakat Solok Bio-Bio karena jadwal kegiatan sosialnya yang padat. Disamping sebagai anggota Tim Mari Sehat Jorong Sei. Rambai, ia juga menjadi sekretaris Kelompok Tani Tunas Harapan, anggota BPAN dan ketua kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga yang dibentuk Tim Jorong Sei Rambai.

Menurut Katik, didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Dengan jiwa yang sehat orang bisa berprestasi. Tegasnya, mana mungkin bisa berprestasi jika badan tidak sehat. Menurutnya Program Mari Sehat sesungguhnya selain bertujuan untuk meningkatkan derjat kesehatan ibu dan anak juga memotifasi dan mengarahkan masyarakat untuk berprestasi. Konsepnya untuk menjalankan Program Mari Sehat adalah kekompakan dan seayun selangkah dalam bergerak. Selamat berjuang, Indra Budiman. (Muhammad Nasir)

Field Note 2002
Yayasan Totalitas Padang

No comments: