11 June 2019

Alam Surambi Sungai Pagu



Kerajaan Sungai Pagu adalah sebuah kerajaan yang berdiri pada abad ke-15 di daerah Solok Selatan sekarang. Lengkapnya nama kerajaan ini adalah Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu. Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu berpusat di Pasir Talang (Solok Selatan) dan daerah rantaunya yaitu Bandar Sepuluh. Kerajaan ini membentang dari Surian hingga rantau XII Koto (Sangir).

Sebelum kerajaan ini berdiri, secara berurutan berdiri tiga kerajaan pendahulunya, yaitu kerajaan Tigo Lareh yang didirikan pangeran yang berasal dari Tigo Lareh Dharmasraya pada abad ke-11. Selanjutnya, pada abad ke-14 menyusul berdiri kerajaan Panai dan Kerajaan Kampai di Sungai Pagu.


Struktur Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu
Alam Surambi Sungai Pagu merupakan kerajaan konfederasi. Kerajaan ini diperintah bersama oleh empat orang raja, yaitu:
1.       Rajo Alam Surambi Sungai Pagu, yakni Daulat Yang Dipertuan Bagindo Sultan Besar Rajo Disambah, bersemayam di Melayu Kampuang Dalam, sekaligus menjadi Raja Malayu IV Niniak. Untuk memerintah Melayu IV Niniak, beliau dibantu oleh orang yang diberi gelar Rajo Mudo. Di kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu, status beliau adalah Payuang Sakaki-Tombak Sabatang-Payuang Panji Alam Surambi Sungai Pagu.
2.       Rajo Adat Alam Surambi Sungai Pagu, yakni Tuanku Rajo Bagindo yang juga menjadi Raja Kampai nan Duopuluah Ampek. Beliau bersemayam di Balun sehingga disebut Tuanku Balun. Di kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu, status beliau adalah Kain Langko Puri memegang Kitab Tambo Alam, Adat jo Limbago sarato Harato jo Pusako di tangannyo, banamo Rajo Adat jo Limbago di Alam Surambi Sungai Pagu.
3.       Rajo Ibadat Alam Surambi Sungai Pagu, yakni Tuanku Rajo Batuah yang juga menjadi raja Panai Tigo Ibu. Posisi beliau di Alam Surambi Sungai Pagu disebut dengan Tabuang Bapuluik, mamagang Cupak Usali (Syarak Kitabullah) banamo Rajo Syara’ Alam Surambi Sungai Pagu.
4.       Rajo Parik Pagu Alam Surambi Sungai Pagu, yakni Tuanku Rajo Malenggang, yang juga menjadi Rajo Tigo Lareh. Posisi beliau di Alam Surambi Sungai Pagu disebut Kain  Rambak Rambu Kuniang, baparisai Sianggang Gariang, nan mangatahui parik paga jan tarompak, bateh supadan jan baraliah, aman santoso di tangannyo.

Batas Wilayah
Wilayah Alam Surambi Sungai Pagu meliputi:
dari Balun Batu Ilie,
lalu ke Languang dan Koto Baru,
sampai ke Pauh Duo nan Batigo, Batang Marinteh Mudiak,
lalu ke Sako Luhak Nan Tujuh, sampai ke Pesisir Banda nan Sepuluh,
kalang Hulu Salido tumpuan Aie Haji.

Hubungan dengan Minangkabau dan Kerajaan Pagaruyung
Adat di kerajaan ini agak sedikit berbeda dengan kebudayaan di Minangkabau secara umum atau di kerajaan Pagaruyung secara khusus sehingga ia dikenal sebagai ikua darek kapalo rantau (ujung bagi wilayah Luhak, kepala bagi wilayah rantau Minangkabau).

Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu menurut H. Marsadis Dt. Sutan Mamat adalah kerajaan Surambi (serambi) Alam Minangkabau. Kerajaan ini merupakan penggabungan dari Kerajaan Melayu, Kampai, Panai dan Tigo Lareh yang didirikan oleh 59 (lima puluh sembilan) rumpun keluarga yang berasal dari Pariangan Padang Panjang. Oleh sebab itu 59 keluarga ini menjadi dasar penyebutan istilah Kurang Aso Anam Puluah. Aso artinya satu.  

Kerajaan ini menurut H Marsadis Dt. Sutan Mamat bukanlah kerajaan Rantau, tetapi kerajaan berdaulat sendiri, tagak samo tinggi dan duduak samo randah dengan kerajaan Pagaruyuang. Piagam berdirinya Kerajaan Sungai Pagu dibuat oleh Tuan Qadhi Padang Gantiang pada tahun 1416 dan ditandatangani oleh Sultan Malikuz Zahir Alamsyah.

Hubungan dengan Kesultanan Inderapura
Sebagian besar wilayah yang merupakan rantau orang Sungai Pagu yang disebut Bandar Sepuluh menjadi bagian dari wilayah kekuasaan kerajaan Inderapura yang sekarang berada dalam pemerintahan Pesisir Selatan. Ada ungkapan yang menyatakan hubungan Kerajaan Sungai Pagu dengan kerajaan lain sebagai berikut:
Barambun ka Batang Hari
Batampuak ka Bukik Gombak
Batangkai ka Jambu Lipo
Basayok ka Indragiri
Basisiak ka Indopuro

Adat Alam Surambi Sungai Pagu
Sistem kelarasan yang dianut oleh masyarakat Alam Surambi Sungai Pagu berbeda dengan sistem kelarasan yang dianut secara umum oleh masyarakat Minangkabau. Masyarakat Alam Surambi Sungai Pagu tidak menganut sistem kelarasan Bodi Caniago dan juga bukan pengikut kelarasan Koto Piliang. Sistem kelarasan yang dipakai merupakan penggabungan sistem kelarasan Bodi Caniago dengan kelarasan Koto Piliang. Pepatah Minangkabau mengatakan:
 Pisang Sikalek-kalek hutan, pisang batu nan bagatah,
Bodi Caniago inyo bukan, Koto Piliang inyo antah.
Hal ini terlihat dari corak pemerintahan adat yang menggunakan raja dan penghulu secara bersama-sama.

No comments: