Kerajaan
Sungai Pagu adalah sebuah kerajaan yang berdiri pada abad ke-15 di daerah Solok
Selatan sekarang. Lengkapnya nama kerajaan ini adalah Kerajaan Alam Surambi
Sungai Pagu. Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu berpusat di Pasir Talang (Solok
Selatan) dan daerah rantaunya yaitu Bandar Sepuluh. Kerajaan ini membentang
dari Surian hingga rantau XII Koto (Sangir).
Sebelum
kerajaan ini berdiri, secara berurutan berdiri tiga kerajaan pendahulunya,
yaitu kerajaan Tigo Lareh yang didirikan pangeran yang berasal dari Tigo Lareh
Dharmasraya pada abad ke-11. Selanjutnya, pada abad ke-14 menyusul berdiri
kerajaan Panai dan Kerajaan Kampai di Sungai Pagu.
Struktur
Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu
Alam
Surambi Sungai Pagu merupakan kerajaan konfederasi. Kerajaan ini diperintah
bersama oleh empat orang raja, yaitu:
1.
Rajo Alam Surambi Sungai Pagu, yakni
Daulat Yang Dipertuan Bagindo Sultan Besar Rajo Disambah, bersemayam di Melayu
Kampuang Dalam, sekaligus menjadi Raja Malayu IV Niniak. Untuk memerintah
Melayu IV Niniak, beliau dibantu oleh orang yang diberi gelar Rajo Mudo. Di
kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu, status beliau adalah Payuang
Sakaki-Tombak Sabatang-Payuang Panji Alam Surambi Sungai Pagu.
2.
Rajo Adat Alam Surambi Sungai Pagu, yakni Tuanku
Rajo Bagindo yang juga menjadi Raja Kampai nan Duopuluah Ampek. Beliau
bersemayam di Balun sehingga disebut Tuanku Balun. Di kerajaan Alam Surambi
Sungai Pagu, status beliau adalah Kain Langko Puri memegang Kitab Tambo
Alam, Adat jo Limbago sarato Harato jo Pusako di tangannyo, banamo Rajo Adat jo
Limbago di Alam Surambi Sungai Pagu.
3.
Rajo Ibadat Alam Surambi Sungai Pagu, yakni Tuanku Rajo Batuah yang juga menjadi raja Panai Tigo Ibu. Posisi
beliau di Alam Surambi Sungai Pagu disebut dengan Tabuang Bapuluik, mamagang
Cupak Usali (Syarak Kitabullah) banamo Rajo Syara’ Alam Surambi
Sungai Pagu.
4.
Rajo Parik Pagu Alam Surambi Sungai Pagu, yakni Tuanku Rajo Malenggang, yang juga menjadi Rajo Tigo Lareh. Posisi
beliau di Alam Surambi Sungai Pagu disebut Kain Rambak Rambu Kuniang, baparisai Sianggang
Gariang, nan mangatahui parik paga jan tarompak, bateh supadan jan baraliah,
aman santoso di tangannyo.
Batas
Wilayah
Wilayah Alam
Surambi Sungai Pagu meliputi:
dari Balun Batu Ilie,
lalu ke
Languang dan Koto Baru,
sampai ke
Pauh Duo nan Batigo, Batang Marinteh Mudiak,
lalu ke
Sako Luhak Nan Tujuh, sampai ke Pesisir Banda nan Sepuluh,
kalang Hulu
Salido tumpuan Aie Haji.
Hubungan
dengan Minangkabau dan Kerajaan Pagaruyung
Adat di
kerajaan ini agak sedikit berbeda dengan kebudayaan di Minangkabau secara umum
atau di kerajaan Pagaruyung secara khusus sehingga ia dikenal sebagai ikua
darek kapalo rantau (ujung bagi wilayah Luhak, kepala bagi wilayah rantau
Minangkabau).
Kerajaan
Alam Surambi Sungai Pagu menurut H. Marsadis Dt. Sutan Mamat adalah kerajaan
Surambi (serambi) Alam Minangkabau. Kerajaan ini merupakan penggabungan dari
Kerajaan Melayu, Kampai, Panai dan Tigo Lareh yang didirikan oleh 59 (lima
puluh sembilan) rumpun keluarga yang berasal dari Pariangan Padang Panjang.
Oleh sebab itu 59 keluarga ini menjadi dasar penyebutan istilah Kurang Aso
Anam Puluah. Aso artinya satu.
Kerajaan
ini menurut H Marsadis Dt. Sutan Mamat bukanlah kerajaan Rantau, tetapi
kerajaan berdaulat sendiri, tagak samo tinggi dan duduak samo randah
dengan kerajaan Pagaruyuang. Piagam berdirinya Kerajaan Sungai Pagu dibuat oleh
Tuan Qadhi Padang Gantiang pada tahun 1416 dan ditandatangani oleh Sultan
Malikuz Zahir Alamsyah.
Hubungan
dengan Kesultanan Inderapura
Sebagian
besar wilayah yang merupakan rantau orang Sungai Pagu yang disebut Bandar
Sepuluh menjadi bagian dari wilayah kekuasaan kerajaan Inderapura yang sekarang
berada dalam pemerintahan Pesisir Selatan. Ada ungkapan yang menyatakan
hubungan Kerajaan Sungai Pagu dengan kerajaan lain sebagai berikut:
Barambun ka
Batang Hari
Batampuak ka
Bukik Gombak
Batangkai ka
Jambu Lipo
Basayok ka
Indragiri
Basisiak ka
Indopuro
Adat Alam
Surambi Sungai Pagu
Sistem
kelarasan yang dianut oleh masyarakat Alam Surambi Sungai Pagu berbeda dengan
sistem kelarasan yang dianut secara umum oleh masyarakat Minangkabau. Masyarakat
Alam Surambi Sungai Pagu tidak menganut sistem kelarasan Bodi Caniago dan juga
bukan pengikut kelarasan Koto Piliang. Sistem kelarasan yang dipakai merupakan
penggabungan sistem kelarasan Bodi Caniago dengan kelarasan Koto Piliang. Pepatah
Minangkabau mengatakan:
Pisang Sikalek-kalek hutan, pisang batu nan
bagatah,
Bodi
Caniago inyo bukan, Koto Piliang inyo antah.
Hal ini
terlihat dari corak pemerintahan adat yang menggunakan raja dan penghulu secara
bersama-sama.
No comments:
Post a Comment