11 August 2018

Adu Sukses para Tim Sukses


Adu Sukses para Tim Sukses

 Hampir dapat dipastikan, Tim Sukses Calon Presiden/ Calon Wakil Presiden tengah sibuk merancang media komunikasi, media kampanye yang tepat untuk memenangkan Pilpres 2019. Salah satu media yang paling lazim digunakan adalah media sosial.
www.liaaca.org

Seperti pilpres periode yang lalu tema yang paling sering dikampanyekan adalah profil individu dari capres/cawapres, baik dari yang paling umum hingga yang paling intim dan private. Laman media sosial lebih dikuasai oleh profil sang calon ketimbang visi dan misi yang ngambang, program kerja yang umum dan commonsense, serta program yang indah untuk di halo-halokan kepada khalayak (calon pemilih).


Bukan skeptis dan paranoid, bila penulis melihat seolah-olah selalu saja ada yang salah dalam diri sang calon berikut atribut pemenangannya. Kesan yang muncul adalah bahwa program yang diusung masing-masing calon kepala daerah seperti tergantung kepada improvisasi, kecerdasan dan latar belakang pengalaman sang calon.

Image yang muncul selama ini tentang program kepemimpinan adalah berganti pemimpin berganti program dan kebijakan. Sebenarnya tidak masalah. Namun kekhawatirannya adalah apa tidak akan terjadi benturan antara program sang calon dengan rencana strategis pembangunan nasional atau bahkan dengan kebijakan legislatif yang bercitarasa partai.

Jadi, ada yang tinggal. Negeri ini seolah-olah tidak punya daftar masalah dan daftar pekerjaan. Semua program seperti tergantung pada pasangan capres dan cawapres. Mestinya, harus ada kesamaan pandangan dan cita-cita yang terangkum dalam satu dokumen yang disepakati sebagai common goal dan common dream. Selain itu, tema kampanye harus juga dikonfirmasi dengan kebijakan nasional yang telah ada sebelumnya. Bila ada kesamaan tinggal dikonversi.

Harapan lainnya, mohon jangan jadikan kampanye sebagai sarana narsis diri, tetapi betul-betul ajang adu visi dan misi, agar rakyat ini semakin cerdas, dan tercerahkan dalam membaca situasi negeri ini. Namun ini terpulang pada tim sukses. Pertarungan sebenarnya ada pada tim sukses.

Di balik Capres/Cawapres hebat ada tim sukses yang hebat. Tabik!

info:
Resmi, dua pasang peserta Pilpres 2019 selesai mendaftar pada Jum'at (10 Agustus 2018)
Pasangan pertama: Ir. Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin
Pasangan ke dua: H. Prabowo Subianto dan H. Sandiaga Salahuddin Uno 
foto: kumparan

Foto dan Berita kumparan 
Koalisi Keumatan Simbolik Vs Substantif (kumparan)

 

No comments: