15 December 2017

Info Asesmen Surveilen Akreditasi UIN Imam Bonjol Padang



BAN PT Lakukan Asesmen Surveilen Akreditasi UIN Imam Bonjol Padang

Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sudah selesai melakukan asesmen surveilen untuk akreditasi institusi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Berita acara asesmen juga sudah diserahkan kepada rejtor Kamis (14/12/2017) di Aula Rektorat Lantai 2 UIN Imam Bonjol Padang.

Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Eka Putra Wirman berharap UIN Imam Bonjol Padang mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain itu ia bertekad pada tahun 2019 UIN Imam Bonjol Padang harus terakreditasi A. Demikian ia katakan saat membuka rangkaian proses Asesmen Surveilen Akreditasi intitusi bagi perguruan tinggi Islam yang dipimpinnya.

"Kita optimis. Sejatinya kita sudah bekerja dengan cepat -full speed- sejak dua tahun terakhir" katanya. Ia menjelaskan, sebelumnya akreditasi institusi perguruan tinggi islam tertua di Sumatera ini saat masih berstatus IAIN sudah baik, peringkat B.


Sebagai modal dasar, akreditasi seluruh program studi (prodi) sudah baik.  Hanya ada dua prodi Sarjana yang terkareditasi C, itupun sudah divisitasi BAN PT, tinggal menunggu hasil. Selain itu, demi mengajar standar untuk alih status menjadi UIN, pihaknya sudah melakukan perbaikan dalam nanyak hal.

"Kita sudah perbaiki performa sumberdaya manusia, standar sarana prasarana, kurikulum da pengembangan prodi" paparnya. Inilah salah satu faktor pedukung alih status IAIN Imam Bonjol menjadi UIN Imam Bonjol.

"Memang masih ada kekurangan di beberapa sektor, namun dengan perbaikan secara terus menerus, kita targetkan 2019 akreditasi institusi sudah berada pada peringkat A", paparnya.

Hingga tengah hari,tim Asessmen BAN-PT itu sudah selesai melakukan penilaian lapangan untuk akreditasi institusi.

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian lembaga pendidikan tinggi oleh pihak di luar lembaga yang independen, dalam hal ini oleh BAN-PT.

"Insya Allah", kata rektor "jika nilai dan peringkat akreditasi sudah diperoleh, tahun ini juga akan kita selenggarakan wisuda" harap Eka.

Sementara Pro Dr. Ir.  S.M Widyastuti, M.Sc, Anggota Tim Dewan Eksekutif BAN-PT yang didapuk bicara mewakili tim asesmen mengatakan, akreditasi mesti diartikan sebagai sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi.

Sementara akreditasi Institusi Perguruan Tinggi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan.

Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.

"Jadi, jangan khawatir dengan hasil review dari pihak eksternal. BAN PT adalah external review.  Mestinya lebih takut review internal karena pihak internal lebih paham situasi di dalam," katanya memaparkan.

Ia juga menjelaskan asesmen surveilen ada tiga jenis yaitu pertama, surveilen banding bila perguruan tinggi yang dinilai tidak puas atas hasil akreditasi Kedua, surveilen untuk peguruan tinggi alih bentuk, seperti perubahan bentuk dari IAIN menjadi UIN Imam Bonjol saat ini. Ketiga, surveilen investigasi, yaitu bila ada laporan dari masyarakat, ada permintaan dari stakeholder.

Terkait kapan hasil asesmen ini dapat diketahui ia hanya menyampaikan, "semoga ini tak membutuhkan waktu yang lama dan UIN Imam Bonjol bisa dapat peringkat yang baik" katanya di akhir kegiatan. 

baca juga berita sejenis di
thank Hattadi Prima Putra
Alumni Sejarah dan Kebudayaan Islam 
UIN Imam Bonjol Padang

No comments: