21 November 2020

TIPS MEMBUAT RESUME

Tips Membuat Resume

Muhammad Nasir

 

Arti Resume

Menurut KBBI (2008:1204),  resume /rĂ©sume/ n ikhtisar; ringkasan; meresumekan v membuat resume; mengikhtisarkan; meringkaskan

 

 Artinya, resume adalah :

 1-  Rangkuman dari suatu topik pembahasan

2-  Kesimpulan dari pokok dari pembahasan

3-  Ringkasan dari pembahasan

 

Intinya, resume adalah: 

rangkuman, kesimpulan atau ringkasan yang mampu menggambarkan keseluruhan makna yang ingin disampaikan.


Cara membuat Resume

Membuat  resume sama artinya dengan mengemas cara menyajikan  rangkuman, kesimpulan atau ringkasan yang menggambarkan isi seluruh pembahasan. Hasil resume yang sudah ditulis pada hakikatnya menggambarkan:

-  kualitas pemahaman dari orang yang menulisnya,

-  menunjukkan kualitas berpikir orang yang menulisnya

 

Untuk mendapatkan resume yang baik, ada caranya.  Oleh sebab itu, tulisan ini mencoba menawarkan sebuah tips tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum membuat resume.

 

Berikut langkah-langkahnya:

 

1- Menelaah semuah Naskah

Menelaah adalah membaca dan berpikir. Berdasarkan hasil membaca dan berpikir inilah anda dapat mengambil data dan informasi penting tentang topik pembahasan yang akan anda resume. Menelaah harus sabar dan pelan-pelan. Penelaahan/pembacaan  belum selesai sampai anda paham apa yang anda baca.

 

2- Membuat draft atau kisi-kisi

Membuat draft atau kisi-kisi adalah membuat rencana isi resume yang akan anda tulis. Kisi-kisi ini berfungsi agar anda dapat fokus dan tidak Out of Topic (OoT). Rencana adalah niat. Maka, hasil resume sejatinya sejalan dengan rencana atau niat anda.

 

3- Menuliskan resume

Inilah perjuangan sesungguhnya. Anda akan berjuang membuat kalimat-kalimat yang baik yang mewakili data atau informasi yang anda dapatkan pada langkah pertama (menelaah naskah). Untuk menulis kalimat yang baik, tak ada cara lain selain mempedomani ilmu susun kalimat (komposisi)

 

4- Membaca kembali naskah resume yang telah ditulis

Tulisan yang baik adalah tulisan yang anda sendiri paham membacanya dan orang lain juga paham serelah membaca tulisan anda. Membaca kembali berguna untuk:

-  memastikan bahwa apa yang anda tulis sudah sesuai dengan draft/kisi-kisi.

-  Memastikan tidak ada kesalahan tulis (typo), kerancuaan kalimat (misused/confused)  

-  Memastikan bahwa kerja anda sudah tuntas

 

5- Meminta seseorang melakukan review

Kadang anda menganggap diri sudah benar. Namun untuk berhati-hati ada baiknya anda minta orang lain memeriksa hasil kerja anda. Hasil yang diharapkan pada tahap ini adalah:

-  Sebuah pernyataan bahwa masih ditemukan kesalahan dalam hasil resume anda

-  Atau, sebuah pernyataan, “Ini sudah benar. Perfecto!

 

Baiklah, ini hanya salah satu tips. Jika anda mau, anda bisa mencari tips yang lain. Atau anda sendiri punya kiat dan resep sendiri yang jitu untuk membuas sebuah resume berkualitas. Selamat mencoba. Indahnya berbagi.


No comments: