Tips Membuat Resume
Muhammad Nasir
Arti Resume
Menurut KBBI (2008:1204),
resume /résume/ n ikhtisar; ringkasan; meresumekan v membuat resume;
mengikhtisarkan; meringkaskan
Artinya, resume adalah :
1- Rangkuman dari suatu topik pembahasan
2- Kesimpulan dari pokok
dari pembahasan
3- Ringkasan dari
pembahasan
Intinya, resume adalah:
rangkuman, kesimpulan atau ringkasan yang mampu menggambarkan keseluruhan makna yang ingin disampaikan.
Cara membuat Resume
Membuat resume sama
artinya dengan mengemas cara menyajikan rangkuman, kesimpulan atau
ringkasan yang menggambarkan isi seluruh pembahasan. Hasil resume yang sudah
ditulis pada hakikatnya menggambarkan:
- kualitas pemahaman dari orang yang menulisnya,
- menunjukkan kualitas berpikir orang yang
menulisnya
Untuk mendapatkan resume yang baik, ada
caranya. Oleh sebab itu, tulisan ini mencoba menawarkan sebuah tips
tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum membuat resume.
Berikut langkah-langkahnya:
1- Menelaah semuah Naskah
Menelaah adalah membaca dan
berpikir. Berdasarkan hasil membaca dan berpikir inilah anda dapat mengambil
data dan informasi penting tentang topik pembahasan yang akan anda resume.
Menelaah harus sabar dan pelan-pelan. Penelaahan/pembacaan belum selesai
sampai anda paham apa yang anda baca.
2- Membuat draft atau
kisi-kisi
Membuat draft atau kisi-kisi
adalah membuat rencana isi resume yang akan anda tulis. Kisi-kisi ini berfungsi
agar anda dapat fokus dan tidak Out of Topic (OoT). Rencana
adalah niat. Maka, hasil resume sejatinya sejalan dengan rencana atau niat
anda.
3- Menuliskan resume
Inilah perjuangan sesungguhnya.
Anda akan berjuang membuat kalimat-kalimat yang baik yang mewakili data atau
informasi yang anda dapatkan pada langkah pertama (menelaah naskah). Untuk
menulis kalimat yang baik, tak ada cara lain selain mempedomani ilmu susun
kalimat (komposisi)
4- Membaca kembali naskah
resume yang telah ditulis
Tulisan yang baik adalah
tulisan yang anda sendiri paham membacanya dan orang lain juga paham serelah
membaca tulisan anda. Membaca kembali berguna untuk:
- memastikan bahwa apa yang anda tulis sudah
sesuai dengan draft/kisi-kisi.
- Memastikan tidak ada kesalahan tulis (typo),
kerancuaan kalimat (misused/confused)
- Memastikan bahwa kerja anda sudah tuntas
5- Meminta seseorang
melakukan review
Kadang anda menganggap diri
sudah benar. Namun untuk berhati-hati ada baiknya anda minta orang lain
memeriksa hasil kerja anda. Hasil yang diharapkan pada tahap ini adalah:
- Sebuah pernyataan bahwa masih ditemukan
kesalahan dalam hasil resume anda
- Atau, sebuah pernyataan, “Ini sudah benar.
Perfecto!”
Baiklah, ini hanya
salah satu tips. Jika anda mau, anda bisa mencari tips yang lain. Atau
anda sendiri punya kiat dan resep sendiri yang jitu untuk membuas sebuah resume
berkualitas. Selamat mencoba. Indahnya berbagi.
No comments:
Post a Comment